Youth English Society Unikom
Navigation
Login
Username

Password



Not a member yet?
Click here to register.

Forgotten your password?
Request a new one here.
About
One Step Closer, About YES


What is YES?

Youth English Society (YES) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa dengan basis kegiatan bilingual language (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) yang resmi dibentuk sejak tahun 2012 dibawah naungan Universitas Komputer Indonesia. Selama kurang lebih hamper empat tahun terbentuk, UKM YES telah memiliki ragam aktivitas dan terus berusaha mempertahankan keberadaannya sebagai salah satu UKM aktif di kampus.

Activity

Memasuki masa bakti kepengurusan 2015/2016, YES memiliki 3 jenis daily activity (aktivitas rutin) bersama para anggota, yaitu Conversation, Public Speaking, dan Debate. Conversation merupakan sub-aktivitas dengan cakupan Basic English yaitu percakapan bahasa Inggris dasar dan sederhana yang digunakan sehari hari dengan perbandingan penggunaan bahasa dalam kelas yaitu 70% bahasa Indonesia, 30% Bahasa Inggris.
Sementara Public Speaking merupakan sub-aktivitas dengan cakupan pembahasan mengenai teknik public speaking, newscasting, story telling, dan speech dengan perbandingan penggunaan bahasa dalam kelas yaitu 50% bahasa Indonesia dan 50% bahasa Inggris. Dan Debate, merupakan sub-aktivitas dengan cakupan teknik-teknik dalam melakukan debat dalam bahasa Inggris (Asian/British parlementary) dengan perbandingan 30% bahasa Indonesia dan 70% bahasa Inggris. Masing-masing kelas memiliki coordinator yang dikenal sebagai Sectional Leader (Seclead).

YES ≠ English Course

Meskipun UKM YES merupakan UKM yang memiliki kegiatan dalam bahasa Inggris, perlu diketahui bahwa YES tidaklah sama seperti lembaga kursus bahasa Inggris yang biasa dikenal. YES merupakan wadah, yang berfungsi memfasilitasi para mahasiswa yang memiliki keinginan maupun ketertarikan dalam bahasa Inggris. Dengan bergabung bersama YES, mahasiswa yang memiliki ketertarikan maupun keinginan yang sama dalam bahasa Inggris tersebut dipertemukan dan kemudian difasilitasi untuk saling berbagi dan mengembangkan kemampuan mereka dengan menyediakan 3 jenis daily activity di atas. Pengalaman berbahasa Inggris kini pun tidak lagi terbatas hanya melalui mata kuliah bahasa Inggris yang diterima di perkuliahan. Selain mempertemukan mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan, YES juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi-kompetisi bahasa Inggris. Dalam hal ini, YES memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi dengan memberikan coaching dan sharing sederhana

Organization

Sesuai dengan Surat Keputusan rektor Universitas Komputer Indonesia, dalam masa bakti 2015/2016 YES kini memiliki 18 anggota dalam kepengurusan, yang terpilih dari beragam jurusan. Meskipun terdiri dari anggota yang berasal dari beragam jurusan, masing-masing anggota membuktikan tanggung jawabnya di dalam kepengurusan dengan hadir dalam setiap rapat maupun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan (Gathering, Daily Activity, Evaluasi rutin).